--> Skip to main content

Penemuan robot tercanggih 2020

ChemisCode - Pada awal tahun 2018 perkembangan dan riset teknologi telah berjalan begitu jauh dan baik. Buktinya ketika ada beberapa contoh menarik tentang bagaimana rancangan robot-robot masa depan. Pameran Costumer Electronic Show (CES) tahunan di las vegas. Sepanjang tahun, beberapa tren robot paling canggih pada tahun 2018 telah muncul memberikan wawasan ke arah pengembangan robotika termasuk :

  • Robot pembersih
  • Mobil tanpa pengemudi
  • Robot social

Teknologi pelayanan kesehatan yang didukung AL dan IoT
Banyak perkembangan teknologi sekarang terutama pada perkembangan robotic yang menggunakan artificial intelligence (AL) atau kecerdasan buatan, inilah yang ditambahkan kedalam suatu system yang bisa diatur dalam konsep ilmiah. Dengan Al tersebut suatu mesin atau computer dapat melakukan pekerjaan seperti manusia.

Sedangkan IoT atau internet of thing adalah sebuah teknologi yang memugkinkan benda0benda sekitar kita terhubung ke internet, teknologi ini ditemukan pada tahun 1999 hingga saat ini teknologi ini masih digunakan dan bahkan sangat berguna dalam pengembangan teknologi zaman modern ini.
Baiklah sekarang kita akan melihat beberapa robot yang telah dikembangkan pada tahun 2018 dan akan terus berlangsung kedepannya dengan perkembangan luar biasa. Dan tentunya perkembangan ini dapat membantu menyusun gambaran di mana masa depan industry berada.

1. Robot walker

Robot Walker

Robot bipedal yang memasuki pasar komersial atau perdangan pertama kalinya. Walker dapat diaktifkan baik dengan suara maupun melalui layar sentuh dan berfungsi sebagai robot pelayan.
Adapun jenis kegiatan yang dapat robot walker lakukan adalah seperti memutar music, menari, membantu menjadwalkan kalender anda, berpatroli dalam rumah, dan memberikan pengawasan visual. Meskipun robot walker saat ini tidak tidak memiliki senjata lengan robotic yang bisa memperluas kegunaannya.

2. Robot koper forwardX CX-1

Koper Forward X CX-1

Robot yang akna mendukung aktifitasmu dalam traveling, kamu akan menemukan potensi penghematan dari robot ini.

3. Robot tidur Somnox

Somnox

Perangkat robotic ini dapat meniru perasaan tidur di sebelah orang lain dengan meniru fungsi pernapasan untuk menenagkan insomnia. Lebih jelasnya bahwa robot tidur somnox ini dapat membant menenangkan penderita yang khawatir dengan memebri mereka pola pernapasan yang akan membantu mereka untuk bisa tidur lebih cepat.

4. Boston Dynamic SpotMini

Boston Dynamic Spotmini

Mungkin ini adalah salah satu penemuan yang sangat fenomenal karena telah banyak video yang beredar bahwa robot yang mirip dengan anjing tersebut dapat berlari dan melompat bahkan bisa membuka pintu, dan ini mungkin sangat mengesankan dari semuanya. Sebuah video yang dirilis awal tahun 2018 bahwa robot tersebut melakukan tugas bahkan dapat menghadapi gangguan manusia yang ringan.

5. Robot Smart Mirror Care OS

Smart Mirror Care OS

Mungkin kalau kamu pernah menonton sinema dongenng atau semacamnya kamu pernah melihat cermin ajaib yang berbicara kembali kepada anda dan itu hanyalah sebuah dongeng belaka.
Robot smart mirror care OS ini menggunakan control gerakan dan pengenalan wajah unutk memberikan saran perawatan kulit, serta bermain music dan mengmbil foto narsis. Teknologi ini mirip dengan aplikasi smartphone yang dalam pengembangannya menggunakan karema untuk menganalisis kesehatan kulit penguna dan memberikan saran tentang hidrasi dan paparan sinar UV.
Dan seiring dengan perkembangannya, teknologi inipun diaplikasikan ke cermin dengan nama robot smart mirror care OS.

6. Robomart

Robomart

Robomart adalah minimarket yang berjalan otomatis dan tanpa kasir. Robomart ini memanfaatkan perpaduan teknologi computer vision dan RFID unutk mendeteksi produk-produk yang diambil oleh konsumen. Dari situ system akan langsung menagih belanjaan ke kartu kredit konsumen dan sekaligus mengirimkan struk belanjaan via email. Semua unit romomart ini murni mengandalkan energy listrik, dan kapasitas otonomnya turut dibarengi oleh kendali jarak jauh dari fasilitas robomart.

7. Robot Sophia

Robot Shopia

Robot Sophia sendiri diciptakan oleh perusahaan hongkong yang bernama hanson robotics. Robot shopia bukanlah robot biasa karena artificial intelligence ( kecerdasan buatan ) yang ditanamkan dalam otaknya sehingga ia mampu berkomunikassi dengan manusia. Dan ini adalah kemampuan utamanya yaitu kecerdasan otaknya.

Penemuan ini adalah penemuan yang spectakkular nan luar biasa, bagaimana tidak, robot ini mampu berbicara dengan manusia, mampu menjawab pertanyaan yang ditujukan kepadanya, dan ia pun dapat menunjukkan ekspresinya yang lagi senang dan sedih bahkan ia melakukan kontak mata saat berbicara dengan manusia. Akan tetapi robot ini tidak bisa berjalan dan bergerak layaknya manusia, dari video yang pernah dirilis ia hanya mampu memalingkan wajahnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar